Selasa, 27 November 2012

Cara Menjaga Paru Paru

Dalam kehidupan sehari-hari paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat di perlukan, karena paru-paru adalah organ selalu di butuhkan dan di gunakan setiap hari bahkan setiap saat.
 
Paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia yang tidak berhenti untuk menghirup dan mengeluarkan oksigen kedalam tubuh, namun tekadang organ yang amat vital ini dapat mengambil banyak siksaan dari udara yang terhirup ke dalam tubuh dan di sertai dengan kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat.
maka dari itu hindarilah beberapa pola hidup yang kurang sehat agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit paru-paru, berikut beberapa tips untuk menjaga paru-paru tetap sehat:
  • Tidak merokok jenis apapun, karena merokok adalah salah satu pemicu utama timbulnya berbagai macam penyakit pada paru-paru
  • selalu menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas dari polusi udara, karena lingkungan yang bersih sangat mempengaruhi nilai kesehatan yang terkandung dalam udara yang kita hirup setiap hari.
  • memperbanyak Ventilasi udara di dalam ruangan, Ventilasi udara sangatlah penting dalam pertukaran udara di dalam ruangan, karena apabila pertukaran udara sangat sedikit maka udara segar yang kita hirup pun akan semakin sedikit.
  • selalu berolah raga agar tubuh tetap bugar, beolah raga adalah salah satu pemicu agar tubuh kita tetap bugar dan selalu terhindar dari penyakit.
  • menggunakan masker/penutup hidung di saat berpergian mengguanakan sepeda motor, menggunakan penutup hidung saat berpergian merupakan salah satu pencegehan terbaik agar udara kotor tidak masuk kedalam paru-paru, yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru-paru.
  • mengkonsumsi banyak sayur dan buah, sayur dan buah merupakan sumber antioksidan terbesar, antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang pastinya dapat membuat jaringan tubuh menjadi rusak.
  • Selalu Melakukan pemeriksaan medis secara teratur untuk membantu mendeteksi masalah paru-paru sejak awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar